LAPORAN BACAAN
OLEH:HIMMATUL
ULYA
Identitas Buku
Judul : Strategi Pembelajaran
Penulis : Dra. Masitoh, M.pd. dan Laksmi dewi, M.Pd
Penerbit : DirektoratJenderal Pendidikan Islam departemn Agama RI
Cetakan :Pertama, Tahun 2009
Tebal : 294
-
I. PENDAHULUAN
Buku yang di laporkan adalah buku yang berjudul strategi
pembelajaran yang di tulis oleh Masitoh dan Laksmi dewi , Buku ini di terbitkan pada tahun 2009 dan di
cetak di Jakarta oleh DirektoratJenderal Pendidikan Islam departemn Agama RI
dengan tebal halaman 297
Buku ini menjelaskan tentang strategi pembelajaran , konsep
mengajar ,konsep pembelajaran, prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran .
Materi dalam buku ini di sajikan dalam beberapa bab yang selalu di
dahului oleh penjelasan isi bab dan tujuan instuksional yang dapat di jadikan
patokan oleh pembaca untuk memahami materi setiap subbab . diakhir bab ,
dikemukakan pula pendalaman materi dalam bentuk latihan dan atau tugas ,
rangkuman , tes foramatif.
Adapun cakupan materi secara umum yang di bentangkan dalam buku ini
antara lain : Hakikat pembelajaran , hakikat strategi pembelajaran , prosedur
umum pembelajaran , metode pembelajaran yang efektif untuk MI , strategi
pembelajaran ekspositari ( SPE ), Strategi pembelajaran berbasisi aktifitas
siswa ( PBAS ) strategi pembelajaran efektif, strategi pembelajaran kooperatif,
pelajarab efektif, inifatif ,kreatif, efektif dan menyenangkan (PALKEM)dan
strategi pembelajaran konstektual.
- II. LAPORAN BAGIAN BUKU
Buku strategi pembelajaran ini Yang di tulis oleh masitoh dan
laksmi ini pada juni, tahu 2009 ,
disusun sesuai dengan komposisi yang sesuai dengan kebutuhan strategi
pembelajaran .
BAB 1 : HAKIKAT PEMBELAJARAN
Bab 1 menyajikan tentang konsep belajar, mengajar, dan
pembelajaran.
Penjelasan bab ini di mulai
dengan penjelasan belajar. Belajar adalah suatu kata yang sudah akrab dengan
lapisan masyarakat. Lingkungan akademik seperti lingkungan ssekolah, pelajar,
siswa dan siswi. Serta mahasiswa yang di tugaskan untuk belajar. Kegiatan
belajar adalah suatu yang tidak dapat di pisahkan oleh mereka.
a.
Belajar
adalah suatu proses atau kegiatan yang di lakukan sehingga membuat suatu perubahan prilaku yang berebentuk kognitif, efektif, maupun psikomotorik.
Selanjutnya penulis menjelaskan tentang atribut pokok ( ciri utama ) belajar, yaitu proses , perubahan prilaku dan pengalaman.
1.
Proses
Belajar dalah
proses mental dan emosional atau yang biasa di sebut juga sebagai proses
berfikir dan merasakan . sesorang di katakan belajar bila fikiran dan perasaan aktif
. Aktifitass fikiran dan perasaan itu sendiri tidak dapat di amati orang lain,
tapi akan di rasa oleh yang bersangkutan (orang yang sedang belajar itu).
2.
Perubahan
perilaku hasil belajar berupa perubahan
prilaku atau tingkah laku .
Sesorang akan
belajar atau bertambah prilakunya,baik yang berupa pengetahuan , keterampilan
motoric atau penguasaan nilai-nilai(sikap).
Menurut para
ahli psikologitidak semua perubahan prilaku dapat di golongkan ke dalam hasil
belajar.
3.
Pengalaman
Belajar adalah
mengaami artinya belajar terjadidi dalam interaksi antara individu dan
lingkungan , baik lingkungan fisik muun sosial .
b.
Konsep
belajar
Pada adsarnya mengajar adalah merupakan
suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau system yang mendukung dan
memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Mengajar adalah proses
bimbingan kegiatan belajar dan kegiatan mengajar akan bermakna bila terjadi
kegiatan belajar siswa.
c.
Konsep
belajar
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang
tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan
prosedur yang salin mempengaruhi untuk mencapaitujuan pembelajaran. Menurut oemar
hamalik, pembelajaran adalaah suatu kombinasi yang tersusun meliputi
unsur-unsur manusiawi , material, fasilitas, perlengkapan, prosedur yang saling
mempengaruh dalam mencapai tujuan pembelajaran.
d.
Prinsip-prinsip
belajar dan pembelajaran
Prinsip belajar
dan pembelajarn merupakan ketentuan atau hukum yang harus di jadikan pegangan di
dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Sebagai suatu hukum , prinsip belajar akan
sangat di tentukan proses dan hasil belajar. Cerminan uraian tenytang
prinsip-prinsippembelajaran sebagai berikut :
1)
Perhatian
dan motivasi
2)
Keaktifan
3)
Keterlibatan
langsung
4)
Pengulangan
5)
Tantangan
6)
Penguatan
7)
Umpan
balik
8)
Perbedaan
individual
1.
Motivasi
Motovasi berfungsi
sebagai motor pengerak aktifitas tidak akan terjadi . apabila motornyaa lemah
,maka kativitas yang terjadi pun akan lemah.
Motovassi belajar
erkaitan dengan tujuan yang hendak di
capai oleh individu yang sedang belajar.
2.
Perhatian
Perhatian erat
sekali kaitanya dengan motovasi bahkan tidak dapat di pisahkan . perhatian
ialah pemusatan energi piskis ( fikiran dan perassaan ) terhadap suatu objek. Makin
terpusat perhatian pada pelajaran, proses belajar makin baik, dan hasilnya
makin baik pula. Oleh karna itu guru harus selalu berusaha supaya perhatian
siswa terpusat kepadda pelajaran.
3.
Aktivitas
Seperti yang
telah di bahas di depan bahwa belajaritu sendiri adalah aktifitass,yaitu
aktifitas mental dan emosional, pristiwa yang di dalamnya akan mengandung
aktifitas walaupun kadarnya brbeda-beda. Bagaiman seorang guru dapatmengaktifkan
siswa belajar sangat tergantung kepada kepiawaian guru itu sendiridalam
melaksanakan dan mengelolah pemmbelajaran.
4.
Umpan
balik
Siswa peril mengetahui
apakah yang ia lakukandi di dalam proses pembelajaran atau tugas-tugas yang ia
kerjakan selama atau sesudah proses pembelajaran tersebut sudah benar atau
belum.
5.
Perbedaan
individual
Belajar tidak dapat di wakilkan
orang lain . tidak belajar berarti tidak dapat memperoleh kemampuan . belajar
dalam arti proses mental dan emisonal terjadi secara individual . jika kita
mengajar di suatu kelas, sudah barang tentu kadar aktifitas belajar para siswa
beragam,
Komentar
Posting Komentar