LAPORAN BACAAN

OLEH:HIMMATUL ULYA

 

Identitas Buku

Judul : Strategi Pembelajaran

Penulis : Dra. Masitoh, M.pd. dan Laksmi dewi, M.Pd

Penerbit : DirektoratJenderal Pendidikan Islam departemn Agama RI

Cetakan :Pertama, Tahun 2009

Tebal : 294

 

 

  1.        I.   PENDAHULUAN

Buku yang di laporkan adalah buku yang berjudul strategi pembelajaran yang di tulis oleh Masitoh dan Laksmi dewi ,  Buku ini di terbitkan pada tahun 2009 dan di cetak di Jakarta oleh DirektoratJenderal Pendidikan Islam departemn Agama RI dengan tebal halaman 297

Buku ini menjelaskan tentang strategi pembelajaran , konsep mengajar ,konsep pembelajaran, prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran .

Materi dalam buku ini di sajikan dalam beberapa bab yang selalu di dahului oleh penjelasan isi bab dan tujuan instuksional yang dapat di jadikan patokan oleh pembaca untuk memahami materi setiap subbab . diakhir bab , dikemukakan pula pendalaman materi dalam bentuk latihan dan atau tugas , rangkuman , tes foramatif.

Adapun cakupan materi secara umum yang di bentangkan dalam buku ini antara lain : Hakikat pembelajaran , hakikat strategi pembelajaran , prosedur umum pembelajaran , metode pembelajaran yang efektif untuk MI , strategi pembelajaran ekspositari ( SPE ), Strategi pembelajaran berbasisi aktifitas siswa ( PBAS ) strategi pembelajaran efektif, strategi pembelajaran kooperatif, pelajarab efektif, inifatif ,kreatif, efektif dan menyenangkan (PALKEM)dan strategi pembelajaran konstektual.

  1.     II.        LAPORAN BAGIAN BUKU

Buku strategi pembelajaran ini Yang di tulis oleh masitoh dan laksmi ini pada juni,  tahu 2009 , disusun sesuai dengan komposisi yang sesuai dengan kebutuhan strategi pembelajaran . 

 

BAB 1 : HAKIKAT PEMBELAJARAN

       Bab 1 menyajikan tentang konsep belajar, mengajar, dan pembelajaran.

 Penjelasan bab ini di mulai dengan penjelasan belajar. Belajar adalah suatu kata yang sudah akrab dengan lapisan masyarakat. Lingkungan akademik seperti lingkungan ssekolah, pelajar, siswa dan siswi. Serta mahasiswa yang di tugaskan untuk belajar. Kegiatan belajar adalah suatu yang tidak dapat di pisahkan oleh mereka.

 

a.       Belajar

    adalah suatu proses atau kegiatan yang di lakukan sehingga membuat suatu perubahan prilaku yang berebentuk kognitif, efektif, maupun psikomotorik.

Selanjutnya penulis menjelaskan tentang atribut pokok ( ciri utama ) belajar, yaitu proses , perubahan prilaku dan pengalaman.

  

1.      Proses

Belajar dalah proses mental dan emosional atau yang biasa di sebut juga sebagai proses berfikir dan merasakan . sesorang di katakan belajar bila fikiran dan perasaan aktif . Aktifitass fikiran dan perasaan itu sendiri tidak dapat di amati orang lain, tapi akan di rasa oleh yang bersangkutan (orang yang sedang belajar itu).

2.      Perubahan

 perilaku hasil belajar berupa perubahan prilaku atau tingkah laku .

Sesorang akan belajar atau bertambah prilakunya,baik yang berupa pengetahuan , keterampilan motoric atau penguasaan nilai-nilai(sikap).

Menurut para ahli psikologitidak semua perubahan prilaku dapat di golongkan ke dalam hasil belajar.

3.      Pengalaman

Belajar adalah mengaami artinya belajar terjadidi dalam interaksi antara individu dan lingkungan , baik lingkungan fisik muun sosial .

 

b.      Konsep belajar

    Pada adsarnya mengajar adalah merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau system yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Mengajar adalah proses bimbingan kegiatan belajar dan kegiatan mengajar akan bermakna bila terjadi kegiatan  belajar siswa.

c.       Konsep belajar

     Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang salin mempengaruhi untuk mencapaitujuan pembelajaran. Menurut oemar hamalik, pembelajaran adalaah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi , material, fasilitas, perlengkapan, prosedur yang saling mempengaruh dalam mencapai tujuan pembelajaran.

d.      Prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran

Prinsip belajar dan pembelajarn merupakan ketentuan atau hukum yang harus di jadikan pegangan di dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Sebagai suatu hukum , prinsip belajar akan sangat di tentukan proses dan hasil belajar. Cerminan uraian tenytang prinsip-prinsippembelajaran sebagai berikut :

1)      Perhatian dan motivasi

2)      Keaktifan

3)      Keterlibatan langsung

4)      Pengulangan

5)      Tantangan

6)      Penguatan

7)      Umpan balik

8)      Perbedaan individual

 

1.      Motivasi

Motovasi berfungsi sebagai motor pengerak aktifitas tidak akan terjadi . apabila motornyaa lemah ,maka kativitas yang terjadi pun akan lemah.

Motovassi belajar erkaitan dengan  tujuan yang hendak di capai oleh individu yang sedang belajar.

2.      Perhatian

Perhatian erat sekali kaitanya dengan motovasi bahkan tidak dapat di pisahkan . perhatian ialah pemusatan energi piskis ( fikiran dan perassaan ) terhadap suatu objek. Makin terpusat perhatian pada pelajaran, proses belajar makin baik, dan hasilnya makin baik pula. Oleh karna itu guru harus selalu berusaha supaya perhatian siswa terpusat kepadda pelajaran.

3.      Aktivitas

Seperti yang telah di bahas di depan bahwa belajaritu sendiri adalah aktifitass,yaitu aktifitas mental dan emosional, pristiwa yang di dalamnya akan mengandung aktifitas walaupun kadarnya brbeda-beda. Bagaiman seorang guru dapatmengaktifkan siswa belajar sangat tergantung kepada kepiawaian guru itu sendiridalam melaksanakan dan mengelolah pemmbelajaran.

4.      Umpan balik

Siswa peril mengetahui apakah yang ia lakukandi di dalam proses pembelajaran atau tugas-tugas yang ia kerjakan selama atau sesudah proses pembelajaran tersebut sudah benar atau belum.

5.      Perbedaan individual

Belajar tidak dapat di wakilkan orang lain . tidak belajar berarti tidak dapat memperoleh kemampuan . belajar dalam arti proses mental dan emisonal terjadi secara individual . jika kita mengajar di suatu kelas, sudah barang tentu kadar aktifitas belajar para siswa beragam,

 

Komentar