LAPORAN BACAAN BAB 3

 

LAPORAN BACAAN

OLEH:HIMMATUL ULYA

 

Identitas Buku

Judul : Strategi Pembelajaran

Penulis : Dra. Masitoh, M.pd. dan Laksmi dewi, M.Pd

Penerbit : DirektoratJenderal Pendidikan Islam departemn Agama RI

Cetakan :Pertama, Tahun 2009

Tebal : 294

Prosedur umum pembelajaran

1.      Menciptakan kondisi awal pembelajaran.

Proses pembelajaran akan berhasil dengan baik apabila guru dapat mengkondisikan kegiatan belajar secara efektif kondisi belajar tersebut harus dimulai dari tahap pra instruksional (tahap pendahuluan pembelajaran). Upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang baik diantaranya:

a.       Absensi siswa

     Guru mengecek kehadiran siswa titik untuk menghemat waktu dalam mengecek kehadiran siswa dapat dilakukan dengan cara siswa yang hadir disuruh menyebutkan siswa yang tidak hadir, kemudian guru menanyakan mengapa yang bersangkutan tidak hadir? Begitu juga seterusnya. Secara tidak langsung guru telah memberikan motivasi terhadap siswa, berdisiplin dalam mengikuti pelajaran dan membiasakan diri apabila tidak hadir mengikuti pelajaran memberitahukan secara tertulis atau lisan melalui temannya pada guru.

b.      Menciptakan kesiapan belajar siswa

       Kegiatan pembelajaran perlu didasari oleh kesiapan dan semangat belajar dari siswa. Kesiapan (readiness) belajar siswa merupakan salah satu prinsip belajar yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan guru dalam menciptakan kesiapan yang semangat dalam belajar siswa, khususnya dalam awal pembelajaran. Alternatif tersebut diantaranya: 1. Membantu atau membimbing siswa dalam mempersiapkan fasilitas atau sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar 2 menciptakan kondisi belajar dalam kelas 3 guru dalam mengajar harus penuh semangat dan menunjukkan minat mengajar yang tinggi 4 secara profesional guru harus dapat mengontrol (mengelola) seluruh siswa yang mulai dari awal pembelajaran 5 gunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta dapat menarik perhatian siswa 6 menuntut kegiatan belajar yang harus memungkinkan siswa dapat melakukannya.

c.       Menciptakan suasana belajar yang demokratis

      Dalam kegiatan ini pada hakekatnya dapat menunjukkan terhadap proses belajar melalui pendekatan CBSA. Karena melalui kegiatan ini guru harus membimbing siswa agar berani menjawab, agar berani untuk bertanya, berani berpendapat atau mengeluarkan ide-ide, berani memperlihatkan unjuk kerja ( keterampilan) .

Alternatif yang dapat dilakukan guru dalam awal pembelajaran diantaranya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menunjukkan siswa untuk menjawab dan berpendapat.

    Guru selalu memberikan kesempatan pada siswa untuk beraktivitas jika memungkinkan dapat mengembangkan bakat dan keunggulan yang dimiliki oleh siswa sehingga siswa merasa bebas dan belajar artinya tidak merasa ada tekanan dan tidak ada paksaan titik misalnya membimbing dan melatih atau merangsang siswa untuk bertanya, untuk menjawab, dan melati berpendapat sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan tingkat kesulitan bahan pelajaran yang dipelajarinya.

2.      Melaksanakan kegiatan presepsi Dan atau melaksanakan tes awal.

 Setelah mengkondisikan kegiatan awal dalam pembelajaran, guru harus melaksanakan kegiatan apresiasi dan atau penilaian terhadap kemampuan awal (entry behavior) siswa. Penilaian awal atau pretest tujuannya adalah untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana materi atau bahan pelajaran yang akan dipelajari sudah dimiliki dan diketahui oleh siswa. Kemampuan awal tersebut sebagai dasar untuk melanjutkan bahan pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa.  Ada beberapa cara dalam kegiatan apresiasi diantaranya.

a)      mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya pertanyaan yang diajukan harus berhubungan dengan materi yang sudah dipelajari oleh siswa melalui pertanyaan tersebut siswa dibimbing untuk mengingat kembali tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari.

b)      memberikan komentar terhadap jawaban serta mengulas pelajaran yang akan dibahas memberikan komentar terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa bertujuan untuk memberikan penguatan serta untuk lebih memperjelas jawaban itu sendiri titik guru dalam memberikan penjelasan harus menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari oleh siswa serta dengan lingkungan sekitar siswa sehingga komentar yang diberikan oleh guru akan lebih mengarahkan pada materi yang akan dipelajari.

c)      Membangkitkan motivasi perhatian siswa membangkitkan motivasi si dan perhatian siswa merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran. Khususnya pada tahap awal pembelajaran, siswa perlu diberikan motivasi serta ditingkatkan perhatian dalam pembelajaran

Komentar