LAPORAN BACAAN BAB 4
LAPORAN
BACAAN
OLEH:HIMMATUL
ULYA
Identitas Buku
Judul : Strategi Pembelajaran
Penulis : Dra. Masitoh, M.pd. dan Laksmi dewi, M.Pd
Penerbit : DirektoratJenderal Pendidikan Islam departemn Agama RI
Cetakan :Pertama, Tahun 2009
Metode pembelajaran yang efektif untuk MI
1. Prinsip dan fungsi metode mengajar dalam pembelajaran
Metode pengajaran merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran titik pada dasarnya metode pengajaran ini merupakan satu kesatuan yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran pada dasarnya metode pengajaran ini merupakan cara atau teknik yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ada beberapa jenis prinsip yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan metode pengajaran ini prinsip tersebut terutama berkaitan dengan faktor perkembangan kemampuan siswa diantaranya:
a. Metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran b metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kritis dalam aspek seni.
C.metode mengajar les memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah d metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran suatu metode mengajar siswa untuk melakukan penemuan v metode pengajaran harus memiliki kemampuan menyimak g metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri ha metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama metode mengajar siswa untuk motivasi dalam belajar.
2. Jenis dan tujuan pembelajaran
Tujuan pendidikan yang ingin dicapai mengenai beberapa tingkatan apakah Anda masih ingat dengan tingkah tujuan pendidikan tersebut tujuan yang paling tinggi yaitu tujuan pendidikan nasional tpn, kemudian dijabarkan ke dalam tujuan pendidikan institusional dalam kurikulum mi 2004 saat ini istilah dikenal dengan standar kompetensi lulusan titik untuk tujuan bidang studi atau mata pelajaran disebut dengan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran instruksional dalam kurikulum 2004 disebut kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran khusus pembelajaran dalam kurikulum 2004 disebut dengan indikator hasil belajar tujuan instruksional adalah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu lembaga pendidikan misalnya SD SMP SMA SMK dan seterusnya. Tujuan bidang studi adalah tujuan yang harus dicapai oleh suatu mata pelajaran atau suatu bidang studi sedangkan tujuan pembangunan nasional adalah tujuan yang harus dicapai dalam satu pokok pembahasan tertentu.
Untuk membantu ingatan terhadap kriteria pokok dalam merumuskan tujuan pembelajaran khusus indikator hasil belajar adalah sebagai berikut diantaranya a harus mengacu pada tujuan pembelajaran umum kompetensi dasar b harus jelas dan berdasarkan perilaku yang dapat diamati harus dapat diukur dan harus dirumuskan secara spesifik harus menggambarkan adanya komponen abcd a atau siswa b perilaku c kondisi d standar
ranah tujuan pembelajaran terdiri dari kognitif afektif psikomotorik tujuan yang bersifat mencakup ketika dana tersebut bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran umum yang diistilahkan kompetensi dasar dan tujuan khusus identik dengan indikator hasil belajar secara khusus dapat dikaji pada modul perencanaan pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar